Selasa, 07 Januari 2014

TENTANG COKLAT

Salah satu makanan / minuman / kue yang banyak diminati disemua kalangan. Semakin berkembangnya zaman maka semakin banyak pula jenis-jenis coklat yang beredar. bahkan dinegara lain, coklat sebagai icon dalam perayaan valentine. Tidak sedkit dari mereka yang memberikan pasangannya  sebuah coklat.

Ada yang beranggapan bahwa memakan coklat dapat menenangkan pikiran. Coklat  bermanfaat untuk menyeimbangkan kosentrasi kimia pada otak. Serotonin dan depamine merupakan zat yang terkandung dalam coklat yang gunannya untuk menciptakan persahaan senang, prilaku. Disitulah mengapa coklat sering dikatakan sebagai obat penenang pikiran atau dengan kata lain pengilang stress.

Mengkonsumsi coklat dapat mencegah sakit gigi dan meringankan batuk ?!! sebuah penelitian menemukan zat theobromine yang terdapat  pada coklat. Zat ini dapat mencegah kerusakan gigi dengan menghilangkan streptokokus mutans, yaitu bakteri yang memberikan kontribusi terhadap kerusakan gigi pada rongga mulut. Sama halnya dengan batuk. Disamping itu, rajin-rajinlah menggosok gigi dan konsumsi coklat sewajarnya.

Tidak hanya untuk dimakan, coklat juga banyak digunakan untuk kesehatan bagian luar tubuh yaitu kulit. Kebayakan orang terutama wanita menggunakan coklat untuk luluran. Kelebihan lulur coklat ini dapat menghaluskakn kulit. Karena coklat memiliki katekin yang merupakan antioksidan untuk mencegah penuaan dini. Selain sebagai luluran, coklat juga bisa digunakan untuk maskeran, gunanya dapat mengecilkan pori-pori dan mengencangkan kulit.

Katanya kalau makan coklat bisa bikin diabetes?? Kalau di pikir-pikir sebenarnya si iya, tapi itu tergantung dari kita. Makan coklat yang berlebihan juga menjadi salah satu penyebabnya. Tapi bagi para diabet juga bisa memakan coklat, yaitu coklat hitam (dark coklat). Coklat hitam memiliki kadar gula yang rendah dibandingkan coklat yang lain. Walaupun pahit, tapi coklat hitam merupakan coklat yang paling sehat. Jadi aman untuk di makan.

Coklat juga bisa meningkatkan kemampuan otak. Menurut penelitian di inggris, kemampuan akan matematika bisa meningkat dengan minum coklat panas. Karena, coklat memiliki antioksidan yang dapat meningkatkan aliran darah ke otak.

Tapi, tidak semua orang suka dengan coklat. Ada diantaranya yang sangat membenci coklat, Yup.. Phobia coklat. Seseorang yang phobia coklat dinamakan Xocolatophobia , yaitu perasaan seseorang yang takut akan coklat. Dengan melihat atau memakannya bisa mengakibatkan pusing bahkan muntah-muntah.

0 komentar:

Posting Komentar