Selasa, 07 Januari 2014

MENU DIET SEHAT

Menurunkan berat badan bukan berarti mengurangi porsi makan secara berlebihan ataupun mengurangi kegiatan makan.  Hal itu akan membuat daya tahan tubuh akan menjadi lemah yang akhirnya bisa menimbulkan penyakit. Diet secara sehat sangat mudah untuk dilakukan, apalagi dengan memilih makanan ataupun minuman yang mudah didapatkan yakni kaya serat, vitamin dan rendah kalori.

Alpukat 


Dibandingkan buah – buahan lain, alpukat sangat bagus untuk menurunkan berat badan.Banyak yang beranggapan bahwa buah ini sangat mudah bikin gemuk badan. Banyak diantara mereka yang menggaanggap bahwa kandungan lemak dalam alpukat sangat mudah berakibat gemuk. Itu salah besar . mengapa??  Karena kandungan lemak yang ada pada alpukat itu lebih kurang 6,5 gr yang sifat lemak itu sendiri  lemak tak jenuh tunggal. Artinya lemak tersebut memiliki  molekul atas rangkaian atom-atom karbon yang memiliki 1 ikatan ganda. Lemak ini tidak berbahaya bagi tubuh, melainkan sangat bermanfaat untuk kesehatan. Diantara dapat membantu mengurangi koresterol dan mengurangi resiko jantung dan stroke.  


Beras Merah

Jenis makanan ini sangat diminati bagi mereka yang ingin melakukan diet. Tidak sedikit diantara mereka yang mengkonsumsinya, walaupun harganya sedikit agak mahal dibandingkan beras putih. Mengkonsumsi beras merah untuk diet sangat ampuh untuk menurunkan berat badan, mengapa? Karena pada beras merah memiliki karbohidrat dengan IG (indeks Glikemiks) rendah. Artinya dengan IG rendah dapat mengontrol nafsu makan dan pengaruh rasa kenyang yang lebih lama, karena akan terserap secara perlahan lahan. Disamping itu, juga bermanfaat bagi kesehatan, diantaranya: dapat mencegah rematik, asma,dan menurunkan kadar kolesterol serta kaya akan vitamin B. Dengan mengkonsumsi beras merah, tidak hanya memiliki bentuk tubuh yang ideal tetapi juga terhindar dari penyakit.       

Sayur Rebus


Selain makanan dan buah-buahan, sayur-sayuran  juga bisa dijadikan sebagai bahan dalam menjalankan program diet. Mereka yang akan menjalankan diet, seringlah mengkonsumsi sayuran, karena tidak hanya memiliki manfaat pada bagian dalam tubuh, juga bermanfaat pada bagian luar tubuh. Mengkonsumsi sayur rebus, sangat cocok bagi yang akan berdiet karena memiliki karbohidrat yang cukup tinggi yaitu sekitar 23.25 gr , lemak yang terdapat sekitar 2,32 gr, dan protein sekitar 6,33 gr. Disamping itu air rebusan pada sayur (kangkung) dapat mengobati gusi bengak.

Ikan

Untuk melengkapi menu diet di malam hari,ikan sangat cocok untuk menurunkan berat badan, kenapa? Karena ikan memiliki kandungan omega 3 dan rendah lemak. Sebaiknya ikan yang dikonsumsi itu dikukus, di bakar ataupun bisa dijadikan sup.



Air Putih

Minuman yang sangat cocok di komsumsi yaitu air putih, karena sebelum makan dengan mengkonsumsi air 2-3 gelas dalam jangka waktu 5-10 menit dapat menurunkan berat badan. Air putih tidak memiliki kalori sehingga aman untuk kesehatan. Bagi yang sedang berdiet, Hindarilah mengkonsumsi teh manis karena pemanis yang ditambah  akan mengakibatkan perut akan terasa cepat lapar. 




0 komentar:

Posting Komentar