Selasa, 09 Oktober 2012

KONSEP,ALIRAN DAN SEJARAH KOPERASI

KONSEP KOPERASI
    1.Konsep Koperasi Barat
       Koperasi yang merupakan organisasi swasta yang dibentuk secara sukarela oleh orang- orang yang memiliki kepentingan yang sama serta menciptakan keuntungan timbal balik bagi anggota koperasi maupun  perusahaan koperasi.

Unsur-unsur positif konsep koperasi barat :
- Keinginan individu dapat dipuaskan dengan cara bekerjasama antar anggota,saling membantu dan 
   saling menguntungkan.
- Setiap individu yang memiliki kepentingan atau tujuan yang sama dapat berpatisipasi mendapatkan    keuntungan dan menaggung resiko bersama.
- Keuntungan didistribusikan kepada anggota sesuai dengan metode yang telah disepakati
- Keuntungan yang belum didistribusikan dapat dimasukkan sebagai cadangan koperasi.

    2.Konsep Koperasi Sosialis
       Koperasi direncanakan dan dikendalikan oleh pemerintah dan dibentuk dengan tujuan merasionalkan produksi unutk menunjang perencanaan nasional.

    3.Konsep Koperasi Negara Berkembang
       Koperasi ini mengacu pada konsep yang sebelumnya.Namun koperasi ini memiliki ciri tersendiri,yaitu dominasi campur tangan pemerintah dalam pembinaan dan pengembangannya yang bertujuan unutk meningkatkan kondisi sosial ekonomi anggotanya.


LATAR BELAKANG TIMBULNYA KOPERASI

1.Keterkaitan Ideologi,Sistem Perekonomian dan Aliran Koperasi
   Perbedaan ideologi suatu bangsa akan mengakibatkan perbedaan sistem perekonomian.Disamping itu aliran koperasinya pun akan berbeda.

2.Aliran Koperasi
   Aliran koperasi dianut oleh berbagai negara dan dapat dikelompokan berdasarkan peran gerakan koperasi dalam perekonomian dan hubungannya dengan pemerintah.
Pul Hubert Casselman membagi atas 3 aliran :

    a.Aliran Yardstick
       Menurut aliran ini koperasi dapat menjadi kekuatan untuk mengimbangi,menetralisir dan mengoreksi berbagai keburukan yang ditimbulkan oleh sistem kapitalis.Umumnya dijumpai pada negara-negara yang beredeologi kapitalis.Terutama dinegara-negara barat dimana industri berkembang pesat dibawah sistem kapitalis.

    b.Aliran Sosialis
       Aliran ini memandang koperasi  sebagai alat yang efektif untuk mencapai kesejahteraan masyarakat.Aliran ini banyak ditemukan di Eropa Timur dan Rusia.

    c.Aliran Persemakmuran
      Menurut aliran ini,memandang koperasi sebagai alat yang efisien dan efektif dalam meningkatkan kualitas ekonomi masyarakat


SEJARAH PERKEMBANGAN KOPERASI


1.Sejarah Lahirnya Koperasi
        Koperasi lahir pada tahun 1884 di Inggris di kota Rochdale.Timbulnya koperasi pada masa perkembangan kapitalisme sebagai akibat revolusi industri.Pada tahun 1851 koperasi tersebut mendirikan sebuah pabrik dan perumahan.Tahun 1852 jumlah koperasi sudah mencapai 100 unit.Pada tahun 1862 dibentuklah pusat koperasi pembelian yang bernama The Cooperative College di Manchester yang merupakan lembaga pendidikan tinggi koperasi pertama.
        Pada tahun 1876 koperasi ini telah melakukan ekpansi usaha dibidang transportasi,perbankan dan asuransi.Pada tahun 1870 koperasi tersebut juga membuka usaha dibidang penerbitan.Pada tahun 1919 didirikanlah Cooperative College di Manchester. seiring dengan berkembangnya koperasi diberbagai negara,para pelopor koperasi sepakat untuk membentuk International Cooperative  Alliance (ICA) dalam kongres koperasi Internasional yang pertama pada tahun 1896 di London.Dengan terbentuknya ICA,maka koperasi telah terbentuk sebagai gerakan Interasional.

2.Sejarah Perkembangan Koperasi di Indonesia
     Bangsa Indonesia telah mengenal kekeluargaan dan gotong royong.Kebiasaan tersebut merupakan input untuk pasal 33 ayat 1 UUD 1945 yang dijadikan dasar atau pedoman pelaksanaan koperasi.Kebiasaan itu dijumpai diberbagai daerah di indonesia.Misal daerah Sumatera Barat yang dikenal dengan julo-julo.Bentuk kerjasama itu dinamakan Pra Koperasi.Pelaksanaan ini terutama di daerah pedesaan.
     Pada tahun 1844 lahirlah koperasi 1 di Inggris yang terkenal dengan nama Koperasi Rochdale dibawah pimpinan Charles Howalt.di German Frederich Willhelm dan Herman Schulsze memelopori koperasi simpan pinjam.Diantaranya Denmark lah yang menjadi negara yang paling berhasil di Dunia dalam mengembangkan ekonominya melalui koperasi.Kemajuan Industri di Eropa akhirnya meluas di negara-negara lain,termasuk Indonesia.
     Koperasi diperkenalkan di Indonesia oleh R.Aria Wiriatmaja di Purwokerto jawa tengah pada tahin 1896.Beliau mendirikan koperasi kredit dengan tujuan membantu rakyatnya terjerat hutang dengan renteinir.Selanjutnya diteruskan oleh De Wolffan Westerode.Ia menganjurkan untuk mengubah bank menjadi koperasi.Selain itu ia mendirikan lumbung-lumbung desa yang menganjurkan para petani menyimpan padi pada musim panen.
     Pada tahun 1908 Budi Otomo berdiri, organisasinya menganjurkan koperasi untuk rumah tangga.Begitu pula Serikat Dagang Islam yang mengembangkan koperasi untuk sehari-hari.Thun 1918 K.H Hasyim Asyari mendirikan koperasi bernama Syirkaitul Inan yang koperasi selain sebagai organisasi juga merupakan organisasi pendidikan.
     Dengan adanya peningkatan tekhnologi ,kegitana koperasi semakin mudah .Anggotanya bisa melakukan transaksi secara online .Dengan begitu akan tercapai cita-cita koperasi bangsa Indonesia yaitu mensejahterakan anggota pada khususnya dan mensejahterakan masyarakat pada umumnya,
     
   
http://www.scribd.com/doc/29486793/Bab-1-Pengertian-Koperasi
http://adisoj.blogspot.com/2011/10/ekonomi-koperasi.html
http://abbinoto.wordpress.com/2009/12/22/rangkuman-koperasi-bab-1/




       

0 komentar:

Posting Komentar