Senin, 21 Oktober 2013

CONTOH PARAGRAF INDUKTIF DAN DEDUKTIF

  Contoh paragraf induktif
           Pada era persaingan dunia kerja yg semakin kompetitif. Seseorang yg menguasai Bahasa Inggris otomatis akan memiliki peluang yg lebih besar di dunia kerja. Sebaliknya, orang yg tidak memiliki kemampuan Bahasa Inggris peluangnya akan semakin kecil untuk memasuki dunia kerja khususnya untuk dapat diterima sebagai karyawan. Itulah kenapa penguasaan Bahasa Inggris sangat diperlukan untuk menambah kompetensi di dunia kerja. 
           Setiap orang tua berharap anaknya kelak menjadi orang sukses. Kesuksesan biasanya dilihat dari pekerjaan. Itulah sebabnya banyak orang tua yang berbondong-bondong mengirimkan anaknya ke sekolah-sekolah favorit dengan harapan agar nantinya dapat bersaing di dunia kerja yg semakin keras. Pendidikan yang tepat bagi anak sebenarnya tidak harus selalu dengan mengirimkan mereka ke sekolah favorit, melainkan dengan cara mengarahkan sesuai minat dan bakat mereka. Oleh karena itu, orang tua sebenarnya memiliki peran penting menentukan pekerjaan yang sesuai dengan anak.


 Contoh paragraf deduktif

         Menerapkan pola makanan yang sehat pada sehari- hari adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan kita. Pertama kita harus memakanan makanan dengan gizi yang seimbang dan nutrisi yang baik bagi tubuh kita. Jenis makanan yang mengandung nutrisi antara lain : padi- padian, buah- buahan, sayuran, daging- dagingan dan susu sebagai pelengkap dan dengan banyak mengkonsumsi air putih,teh,dan serat yang cukup.
         Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa teh mempunyai banyak manfaat. Mengkonsumsi teh secara teratur dapat mencegah kanker meskipun tidak terlalu besar. Teh juga menguatkan tulang dan mencegah pertumbuhan plak di permukaan gigi sehingga mencegah gigi berlubang. Tidak hanya itu teh juga melawan penyakit jantung. Selain rasanya yang nikmat,teh dapat dikombinasikan dengan berbagai macam bahan, seperti: jus buah atau madu untuk memperoleh produk yang khas.
 

0 komentar:

Posting Komentar