Kamis, 20 Oktober 2011

SEJARAH SYMBIAN

        Pada tahun 1980, David Potter mendirikan perusahaan pengembang software Psion. Produk dari perusahaan itu dinamakan EPOC. Sistem operasi ini difokuskan pada penggunaannya di telepon bergerak. Pada tahun 1998 sebuah kerja sama terjalin antara perusaahaan Nokia, Sony Ericsson, Motorola, dan Psion untuk mengeksplorasi lebih jauh kekonvergensian antara PDA dan telepon seluler yang diberi nama SYMBIAN.
        Pada tahun 2004, Psion menjual sahamnya dan hasil kerjasama ini menghasilkan EPOC release 5 atau yang lebih dikenal Symbian OS v5. Sistem operasi ini sudah mulai mengintegrasikan kebutuhan implementasi aplikasi seperti PDA selain telepon seluler. Telepon seluler pertama yang menggunakan sistem operasi Symbian adalah Ericsson R380 yang diliris pasa tahun 2000 yang berbasiskan Symbian versi 5. Setelah itu muncullah perangkat yang dinamakan smartphone dan versi-versi terbaru dari Symbian OS hingga ada yang disebut dengan Symbian V6.0 atau yang lebih dikenal dengan ER6. Pada versi ini sifatnya terbuka karena pada sistem ini dapat dilakukan instalasi perangkat lunak oleh berbagai pengembang aplikasi.
        Dari hari-hari awal,gagasan dari Symbian adalah semua tentang kolaborasi yang dimulai dari awal tahun 1980 oleh David Potter dengan design game dan software kantor untuk produktivitas komputer pribadi Sinclair, yang diluncurkan oleh sebuah kemitraan dengan nama "Psion". Dari hari-hari akhir, gagasan yang menjadi Symbian adalah program-program yang membantu pelaksana Psion, komputer genggam pertama di dunia merupakan salah satu cara cepat mendukung database sederhana untuk menggunakan bahasa pemograman, OPL.

Sumber : http://www.kolakaboy.us/2011/06/sejarah-dan-perkembangan-sistem-operasi.html

Nama : Putri Rahmayeni
NPM  : 25211662
Kelas  : 1EB11
         

0 komentar:

Posting Komentar